SD IT Nurul Fikri Trangkil

VISI dan MISI

Visi

“Berakhlaqul-karimah, Cerdas, Kompetitif, Relijius, Cinta Tanah Air  dan Berwawasan lingkungan

Indikator Visi Sekolah

Indikator Berakhaqul-karimah :

  • Bertutur kata menggunakan  bahasa yang halus, dan dengan nada yang rendah/tidak membentak atau mengeluarkan kalimat yang kasar.
  • Meminta ijin ketika meninggalkan ruang kelas serta mencium tangan guru jika masuk ke sekolah dan pulang sekolah.
  • Cepat tanggap dan taat pada tatatertib dan peraturan sekolah
  • Peserta didik mendengarkan dengan baik dan tidak memotong pembicaraan guru, menerima nasehat dari teman, guru dan orang tua.
  • Mengucapkan salam ketika bertemu saudara, teman, orang tua.
  • Berdo’a sebelum dan sesudah melaksanaka kegiatan.
  • Jujur dan amanah.
  • Berselisih pendapat dengan teman, peserta didik tetap menghargai pendapat teman, menghargai yang lebih muda dan menghormati yang lebih tua
  • Mendahulukan kepentingan bersama/kelompok daripada kepentingan diri sendiri.

Indikator Cerdas :

  • Dorongan rasa ingin tau besar.
  • Senang dan sering membaca.
  • Sering mengajukan pertanyaan yang baik.
  • Senang mencoba hal-hal yang baru.
  • Mempunyai pendapat sendiri dan dapat mengungkapkannya serta tidak terpengaruh orang lain.
  • Tekun mengerjakan Tugas (dapat bekerja terus-menerus dalam waktu lama, tidak berhenti sebelum selesai).
  • Ulet menghadapi kesulitan (tidak lekas putus asa)
  • Selalu sibuk menangani berbagai hal, sibuk dengan kegiatan positif.

Indikator Kompetitif :

  • Berkompetisi secara sehat dalam meraih prestasi.
  • Menunjukkan sikap pantang menyerah dan daya tahan belajar yang tinggi dan menyelesaikan tugas-tugas sekolah.
  • Memiliki daya tahan kerja yang tinggi dalam meraih prestasi sehingga dapat saling memotivasi.

Indikator  Relijius

  • Cinta Al-Qur’an
  • Memiliki kemauan untuk dapat membaca al-Qur’an secara benar .
  • Memiliki kemauan yang sunguh-sungguh untuk dapat memahami isi Al-Qur’an secara benar, serta memiliki semangat pembelaan yang kuat terhadap Al-Qur’an
  • Tidak suka apabila ada pihak lain yang merendahkan atau menghina Al-Quran.
  • Berusaha menjaga kesucian al-Qur’an tanpa memandang remeh.
  • Memiliki kepedulian apabila melihat lembaran yang bertuliskan Al-Qur’an berceceran dengan mengumpulkan atau membakarnya.
  • Mempercayai dan menyakini bahwa Al Quran sebagai petunjuk, obat, rizki, ketenangan, dan sebagainya.
  • Memiliki semangat pengamalan Al-Qur’an, ada kerinduan untuk membaca Al Qur’an serta merasa senang dan bangga saat membaca Al Qur’an.
  • Cinta Rosul
  • Keinginan yang mantap dan kuat untuk dapat melihat dan berkumpul dengan Rasul.
  • Mengikuti, menjalankan sunah dan membela sunnahnya dan mempertahankan syariah
  • Memiliki semangat untuk menghafal dan mengamalkan hadits, minimal Arba’in Nawawiyah.
  • Senantiasa memperbanyak membaca sholawat.

Indikator Cinta Tanah Air

  • Menghargai jasa para pahlawan dengan cara belajar sungguh-sungguh
  • Memiliki rasa kebangaan dan berusaha menjaga keutuhan NKRI
  • Memiliki sifat anti korupsi
  • Menjadi warga Negara yang mengamalkan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan Agama Islam.

Indikator berwawasan Lingkungan

  • Memiliki sifat untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan
  • Memliki sifat suka menanam dan merawat tanaman

 

Misi

       Untuk mencapai visi sekolah, maka SD IT Nurul Fikri melaksanakan misi sebagai berikut:

  1. Melaksanakan progam pembelajaran dengan menselaraskan program tahfids dengan pengetahuan.
  2. Merancang pembelajaran yang interaktif, inovatif, menyenangkan, menantang dan memotifasi.
  3. Mengembangkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan secara proporsional.
  4. Meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan sesuai dengan kebutuhan tugas dan perkembangan.
  5. Melaksanakan pembelajaran yang menanamkan keberagamaan dan sifat Nasionalisme sesuai dengan kebudayaan bangsa Indonesia yang ber-Bhineka Tungal Ika.
  6. Melaksanakan pembelajaran yang menekankan perlunya kelestarian lingkungan dan cinta lingkungan.

            Indikator Misi

  1. Tercapainya lulusan peserta didik yang memahami Islam secara menyeluruh dan beramal dan ibadah secara benar.
  2. Terwujudnya lulusan yang menjadi manusia yang memiliki akhlak yang
  3. Terwujudnya peserta didik yang unggul dalam bidang akademik dan berprestasi.
  4. Terwujudnya proses pembelajaran yang efektif, kreatif dan inovatif.
  5. Terwujudnya siswa yang memiliki kemampuan sesuai minat dan bakatnya secara berkesinambungan.
  6. Terwujudnya lulusan siswa yang dapat terus belajar ke jenjang yang lebih tinggi.
  7. Terwujudnya manajemen sekolah yang transparan dan demokratis.
  8. Terwujudnya lingkungan sekolah yang asri, bersih, rapi dan sehat.
  9. Terwujudnya upaya untuk selalu melaksanakan pengembangan sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan secara berkesinambungan.
  10. Terwujudnya lulusan siswa yang memiliki rasa kecintaan terhadap tanah air.
  11. Terwujudnya siswa yang mencintai dan mampu melestarikan budaya Indonesia
  12. Terwujudnya siswa yang mencintai lingkungan